Peran Penting Pupuk dalam Pertanian

Peran-Penting-Pupuk-dalam-Pertanian-Agritrans

Seperti yang kita ketahui,dalam pertanian tidak mungkin selalu mendapatkan hasil panen yang baik, seringkali kita mengalami kendala atau hasil tidak sesuai sesuai yang kita inginkan sehingga terjadi kegagalan panen. Dalam hal ini, tentunya kita memerlukan cara untuk mengatasinya, salah satunya dengan menggunakan pupuk. Namun penggunaan pupuk yang salah juga berdampak buruk pada tanaman. Di Artikel ini kami memberikan sedikit informasi apa itu pupuk dan fungsinya 

 

  1. Apa itu Pupuk

 

Pupuk adalah zat yang mengandung satu atau lebih unsur hara yang ditambahkan pada tanaman atau media tanam untuk mendukung proses pertumbuhannya agar dapat berkembang secara optimal.

Secara alamiah, bumi dan atmosfer di atasnya adalah sumber hara yang tidak terbatas bagi kehidupan tanaman. Namun ketersediaannya tidak seirama dengan kebutuhan tanaman, sehingga diperlukan campur tangan manusia melalui biosphere management, di antaranya pengaturan komoditas, klon, masa tanam, lokasi, pemupukan, irigasi, dll, agar tujuan produksi tinggi dan efisien dapat tercapai.

Tanaman membutuhkan 13 macam unsur hara makro (N, P, K, S, Mg, Ca), unsur hara mikro (Cl, Fe, Mn, Zn, Cu, B, Mo) dan sekitar 5 unsur hara non-esensial. , Co, V, Si, Ni). Tumbuhan membutuhkan 13 unsur hara esensial untuk metabolisme penuh, sedangkan 5 unsur hara non esensial dalam beberapa kasus dapat mengambil alih atau untuk sementara menggantikan peran beberapa unsur hara esensial. Kekurangan hanya satu nutrisi penting menyebabkan penurunan produktivitas. Dari segi unsur hara, produktivitas tanaman dibatasi oleh jumlah unsur hara yang minimal.

 

Pupuk tersedia dalam bentuk padat dan cair, pupuk dapat diaplikasikan dengan berbagai cara, pencampuran dengan media tanaman seperti tanah dan daun atau penyemprotan dan penaburan langsung ke batang tanaman.

 

 

 

  1. Fungsi Pupuk 

Pupuk memiliki berbagai macam fungsi dalam  mendukung proses pertumbuhannya agar dapat berkembang secara optimal sesuai jenis pupuk dan cara penggunaan. Pupuk terbagi menjadi beberapa fungsi antara lain :

  1. Mempercepat Pertumbuhan Tanaman

 

Terlepas dari pupuk apa yang Anda gunakan, semua jenis pupuk dapat mengoptimalkan proses pertumbuhan tanaman di kebun atau ladang Anda. Di sini, pupuk berperan dalam penyediaan unsur hara pada tanah yang digunakan sebagai media tanam. Alhasil, tanaman dapat tumbuh dengan subur dalam waktu relatif singkat.

 

 

 

  1. Merangsang Pertumbuhan Akar, Daun dan Batang

Salah satu teknik yang digunakan untuk menambah jumlah tanaman adalah dengan metode pemangkasan. Untuk memaksimalkan teknik pemangkasan, penggunaan pupuk yang tepat dapat membantu merangsang pertumbuhan akar, batang dan daun sehingga tanaman tumbuh kuat.

 

  1. Meningkatkan dan Mempercepat Hasil Panen

Budidaya yang terus menerus juga dapat menyebabkan hilangnya unsur hara di dalam tanah. Oleh karena itu, pemberian pupuk pada tanah dapat meningkatkan kadar nutrisi dan memungkinkan tanaman di dalam pot untuk berbunga kembali.

Bagi Anda seorang petani yang ingin mempercepat dan meningkatkan produksi tanaman seperti sayuran atau buah-buahan, Anda bisa menggunakan pupuk.

 

  1. Menghilangkan Hama Tanaman

Selain fakta bahwa pupuk meningkatkan unsur hara dalam tanah dan memungkinkan pertumbuhan tanaman yang melimpah dalam waktu yang relatif singkat, penggunaan pupuk juga sangat efektif dalam meningkatkan kesehatan tanaman.

 

Apabila pupuk digunakan dengan takaran yang tepat, maka tanaman yang Anda rawat akan lebih tahan terhadap serangan hama tanaman yang dapat menyebabkan kerusakan pada tanaman seperti layu atau kering. Selain itu, Anda yang merawat tanaman buah dan sayuran, Anda bisa memakannya dengan aman karena tanamannya sehat dan segar.

 

  1. Mengurai Tanah di Sekitar Tanaman

Menggunakan pupuk juga dapat merawat area di sekitar tanaman yang Anda rawat secara efektif. Alhasil, tanaman Anda cenderung berkembang secara optimal, dan hal ini tentunya sangat menguntungkan bila Anda menanam tanaman tertentu, karena Anda mendapatkan hasil yang optimal.

 

Tentunya agar proses penanaman berjalan maksimal, Anda harus memilih pupuk dengan kualitas terbaik yang dapat disesuaikan dengan tanah dan jenis tanaman yang Anda rawat. 

 

Setelah mengetahui apa itu pupuk dan fungsinya, kami harap Anda dapat memaksimalkan penggunaan pupuk sesuai tata cara penggunaan agar tanaman tumbuh maksimal